WELCOME TO OUR WEBSITE

Senin, 14 Desember 2015

KOMPONEN CPU

KOMPONEN CPU
1.         Casing
      Casing adalah perangkat berbentuk tabung yang digunakan untuk  wadah atau tempat perangkat-perangkat keras (hardware) CPU. Casing berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU untuk melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu, dari benturan dengan benda lain, sehingga bagian-bagian yang vital akan aman dan tidak akan cepat rusak. Selain sebagai pelindung CPU
, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlahnya bisa lebih dari satu buah. Fungsi lain dari casing CPU yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, VGA card, Soundcard, dan lain-lain.

2.         Motherboard
           Motherboard adalah perangkat terpenting didalam komputer, yang dijadikan media atau tempat untuk memasang, atau meletakkan berbagai perangkat seperti: prosesor, memori, card VGA, sound card, card I/O, dan sebagainya.
       Fungsi Motherboard:
  ü  Sebagai alat utuk tempat memasang komponen-komponen antara lain                        processor, memori(RAM), kartu grafis dll sesuai dengan kebutuhan.
ü Menghubungkan antara komponen-komponen dalam CPU dengan                             menggunakan kabel atau langsung di tancap ke socket, slot yang terdapat di             mainboard.
üPusat pengendalian yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang        di motherboard.
ü  Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
ü  Mengatur lalu lintas semua data, mulai dari perintah penyimpanan ( Hardisk,           CD-ROM), peranti masukan data ( Keyboard, Mouse, Scanner), atau printer             untuk mencetak.

3.         Chipset
 Secara fisik, chipset berupa kumpulan IC kecil atau chips ,yang di rancang untuk bekerjasama dan mamiliki fungsi-fungsi tertentu pada sistem hardware komputer, chipset terdapat pada madherboard, (kartu-kartu )ekspansi , misal pada kartu grafis (vidio card), atau pada peralatan komputer lainnya, fungsi chipset pada madherboard tidak sama dengan chipset pada kartu-kartu  ekspansi. begiu pula fungsi chipset pada peralatan komputer lainnya.. masing-masing memiliki fungsi sendiri yang bersifat spesifik.

4.         Tipe CPU
Terdapat tiga tipe CPU yang banyak beredar di pasaran yakni CPU keluaran Intel Corporation, AMD keluaran Advanced Micro Device, dan Cyrix atau VIA C3 keluaran VIA Technologies Corporation.
5.         Slot dan tipe memori
Slot memori adalah slot yang dikhususkan untuk pemasangan kepingan memori. Pada PC ada 3 jenis slot memori yang digunakan secara umum, yaitu:
  •                 SIMM ( Single In Line Memory Module )
  •             Yaitu, slot memori yang berwarna putih dan digunakan untuk pemasangan modul memori berjenis SRAM dan EDORAM.Dalam pemasangan memori dengan slot ini kepingan harus dalam jumlah genap ( minimal 2 keping )
  •  DIMM ( Double In Line Memory Module )
Yaitu, slot memori yang berwarna hitam atau biru yang digunakan untuk pemasangan modul memori ( RAM ) dengan jenis SDRAM dan DDRAM. Dalam pemasangan pada slot ini kepingan memori yang terpasang tidak harus dalam jumlah yang genap.
§  RIMM ( Rambus In Line Module Memori )
Yaitu, slot yang berwarna hitam atau biru yang digunakan untuk memasang memori berjenis RDRAM. Perbedaan yang mencolok antara soket DIMM dengan RIMM hanya terletak pada Jumlah cekungan yang ada ditengah – tengah slot.
6.         Cache memory
               Pengertian Cache Memory adalah memory yang berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Walaupun ukuran filenya sangat kecil namun kecepatannya sangat tinggi. Dalam terminologi hadware, istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasanya memiliki kecepatan yang lebih rendah. 
            Fungsi dari Cache Memory adalah sebagai tempat menyimpan data sementara atau intruksi yang diperlukan oleh processor. Secara gampangnya, cache berfungsi untuk mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data atau informasi yang telah di akses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processor. Jadi Bisa disimpulkan fungsi cache memory yaitu: 
 §    Mempercepat Akses data pada komputer 
§    Meringankan kerja prosessor 
§    Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama. 
§    Mempercepat kinerja memory. 

7.         Sistem BIOS
          BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. merupakan suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard.

8.         Slot ekspansi
   Slot ekspansi  merupakan tempat di pasangnya card card tambahan seperti VGA card,sound card,LAN card dan lain lain.slot ekspansi juga berfungsi untuk mengembangkan tingkat performance pada suatu PC sesuai dengan perkembangan teknologi.

9.         Port I/O
 Port I/O merupakan sebuah port atau tempat dipasangnya conector I/O dimana setiap port I/O dibawah control processor. Port I/O ini sering kita jumpai di bagian motherboard berupa sekumpulan port yang siap dihubungkan ke hardware lain. Port dibagi menjadi 2, yaitu:
1.      Port Logika ( Non-Fisik)
                Merupakan port yang digunakan oleh software sebagai jalur untuk melakukan          koneksi dengan komputer lain, tentunya terasuk koneksi.
            2.      Port Fisik
               Merupakan socket atau slot atau colokan yang ada dibelakang CPU sebagai              penghubung peralatan I/O komputer.

10.     Powes Suplay
Power supply adalah perangkat yang berfungsi menyalurkan arus listrik ke berbagai perangkat CPU. Perangkat ini memiliki lima konektor atau lebih, yang dapat disambungkan ke berbagai perangkat, seperti motherboard, hardisk, floppy disk drive, CD ROM, dan sebagainya. Power supply terdiri dari dua jenis, yaitu:
1.      Power supply jenis AT
Power supply yang memiliki kabel power yang dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor power ( P8 dan P9). Pada power supply jenis AT ini, tombol on/off dihubungkan langsung pada tombol casing. Untuk menghidupkan dan mematikan komputer, kita harus menekan tombol power yang ada pada bagian depan casing. Power supply jenis ini hanya digunakan pada era komputer pentium II dan pada ra pentium III ke atas atau hingga sekarang, sudah tidak menggunakan power supply jenis ini lagi.
2.      Power Supply ATX ( Advanced Technology Extended)

Adalah jenis power supply jenis terbaru dan paling banyak digunakan saat ini. Perbedaan yang mendasar pada PSU jenis AT dan ATX yaitu pada tombol powernya, jika power supply AT menggunakan switch dan ATX menggunakan tombol untuk mengirikan sinyal ke motherboard seperti tombol power pada keyboard.

11.    Harddisk 
Alat ini merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400  putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB. Satu GB sama dengan 1000 Megabyte, sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte.  
12. 1.      Floppy Disk Drive
Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis  pada sebuah disket. Beberapa tahun lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte. Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. Plat  bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu. 
13.  CD-ROM drive
Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya  bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis). Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil. 
14.  Processor
Inilah Brain (otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz). Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung  bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas  pendingin. Saat ini prosesor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.

Sumber :
 1. Atang Gumawang.2008 .Belajar merakit komputer.Bandung:                                      Informatika. https://www.academia.edu/8509702/MAKALAH_CPU_2 
2. Insaf Idul Khoiri. 2012. Merakit Komputer Dalam Sekejap. Jakarta :                          Kuncikom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar